Google
Earth merupakan
sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat
oleh Keyhole, Inc. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang
dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia
dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan
terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google
Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial. Produk
ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005, dan sekarang
tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows 2000, XP,
atau Vista, Mac OS X 10.3.9 dan ke atas, Linux (diluncurkan tanggal 12 Juni
2006) dan FreeBSD. Dengan tambahan untuk peluncuran sebuah klien berbasis
update Keyhole, Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat
lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah
peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005
dan 2006, menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasi geospasial.
Rabu, 26 November 2014
Google Earth sebagai Media Pembelajaran
06.12
No comments
Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan proses pembelajaran yang
kondusif agar siswa menggemari pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan
muaranya adalah siswa menguasai kompetensi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.
Agar pembelajaran variatif dan tidak monoton atau menjemukan, dipergunakan
metode pembelajaran yang bervariasi, baik teori maupun praktik sehingga sikap
menggemari Ilmu Pengetahuan Sosial mudah tertanam dalam diri
siswa. Hal ini dapat terwujud apabila dilakukan
usaha pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).
Memudahkan pembelajaran bagi murid adalah tugas utama guru. Untuk itu guru
tidak saja dituntut untuk membuat suasana pembelajaran menjadi nyaman dan
menarik , menciptakan metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan diri
masing-masing murid, tetapi juga menemukan media pembelajaran yang relevan,
efektif dan efisien. Sehingga metode dan pendekatan yang di terapkan pun
nantinya akan benar-benar sesuai dengan perkembangan diri murid yang menjadi
subjek sekaligus objek pendidikan itu sendiri.
Memang pendidikan bukanlah melulu penerapan teori belajar dan pembelajaran
di ruang kelas. Pendidikan merupakan ikhatiar yang kompleks untuk meningkatkan
kualitas sumber daya manusia sebuah bangsa. Namun demikian, ketepatan memilih
media pembelajaran merupakan satu keniscayaan dalam sukses tidaknya guru
mengantarkan murid menjadi generasi yang dapat diandalkan dan dibanggakan.
Oleh karena itu guru
harus menggunakan media pembelajaran yang tidak saja membuat
porses pembelajaran menjadi menarik, tetapi juga memberikan ruang bagi
murid untuk berkreasi dan terlibat secara aktif sepanjang porses
pembelajaran. Sehingga aspek kognitif ,afektif dan psikomotorik
murid pun dapat berkembang maksimal secara bersamaan tanpa mengalami
pendistorsian salah satunya. Dalam realita apa yang menjadi harapan dan tujuan
di atas belum sepenuhnya terpenuhi. Namun usaha ke arah itu senantiasa
dilakukan oleh seluruh elemen pendidikan.
Penggunaan Media Google Earth
·
Meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SDN Lambangan Wetan
Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang.
·
Meningkatkan motivasi belajar dan menggairahkan respon siswa kelas VI SDN
Lambangan Wetan Kec. Bulu Kabupaten Rembang terhadap pembelajaran IPS.
Adapun tujuan khusus penggunaan Google Earth sebagai media
pembelajaran IPS ini untuk :
1.
Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Lambangan Wetan Kecamatan
Bulu Kabupaten Rembang pada pelajaran IPS materi kenampakan alam dan keadaani
sosial negara-negara tetangga melalui penggunaan media Google Earth.
2.
Meningkatkan hasil belajar yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif
dan psikomotorik siswa kelas VI SDN Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten
Rembang pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga melalui pemanfaatan Media Google Earth.
Manfaat Teoritis Penggunaan Media
Google Earth
Secara teori saya berharap berhasil mendapatkan pengetahuan dan
teori baru tentang upaya meningkatkan hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial melalui pemanfaatan media Google Earth bagi siswa kelas VI SDN Lambangan
Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang . Selain itu saya juga berharap tumbuhnya
motivasi siswa dalam proses pembelajaran IPS, meningkatnya hasil belajar IPS
siswa baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor, meningkatnya
keaktifan dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran.
Sedangkan bagi guru sendiri manfaatnya adalah:
1.
Mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan
meningkatkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
2.
Diperolehnya strategi pembelajaran IPS yang tepat untuk materi kenampakan
alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
3.
Diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran IPS materi
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
Adapun manfaaat bagi Sekolah:
1.
Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial.
2.
Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang
bermutu.
3.
Tumbuhnya iklim pembelajaran siswa yang Aktif,Kreatif,Efektif
dan Menyenangkan (PAKEM) di sekolah.
Langkah-langkah Pembelajarannya :
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
2.
Siswa dikondisikan belajar berpasangan (2 siswa).
3.
Guru mendemonstrasikan menggunakan media google earth untuk melihat
kenampakan alam negara-negara tetangga Indonesia.
4.
Siswa secara berpasangan mencoba menggunakan media google earth ntuk
melihat kenampakan alam Negara-negara tetangga Indonesia.
5.
Diskusi kelas.
6.
Evaluasi.
7.
Refleksi dan penutup.
Alat dan Media pembelajaran : laptop, LCD
proyektor, hp modem.
Sumber:
http://wyw1d.wordpress.com/2010/01/16/google-earth-sebagai-media-pembelajaran/
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar