Rabu, 22 Oktober 2014

Aplikasi New Media



1. Definisi "New Media"
New Media adalah istilah universal pada abad ke-20 yang mana ditujukan untuk bisa mengakses suatu informasi apa saja, kapan saja, dan dimana saja pada suatu perangkat digital. 
Karakteristik dari New Media sendiri adalah termanipulasi, interaktif, terdistribusi melalui jaringan, terkoordinasi. sebagai contoh internet, komputer multimedia, video game, dan website. New Media tidak termaksud program TV, film, majalah, dan buku.
Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan menghamburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal, massal dan antara komunikasi publik dan pribadi" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
  • Mengubah arti jarak geografis.
  • Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi .
  • Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
  • Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
  • Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah agar bisa di gunakan bersamaan  dan interkoneksi.

New Media sebagai Data Digital yang di kendalikan oleh Software 
Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua objek yang mengandalkan representasi digital dan pengiriman berbasis komputer untuk melakukan penyebaran dengan kualitas umum. New Media menjadi suatu data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Operasi media sekarang dapat membuat menjadi beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-scaling, mempertajam, rasterizing, dll

2. Pandangan mengenai "New Media"
Munculnya New Media telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Ini telah memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan lainnya user-generated media.
Saat ini New Media dipandang sebagai dunia baru yang di fasilitasi oleh media-media lengkap dan tak terbatas yang dibutuhkan sesuai permintaan pengguna atau secara umum disebut sebagai Dunia Maya. Pandangan tersebut akan merubah paradigma suatu individu maupun kelompok terhadap interaksi sosial, pendidikan, pola pikir, dll.

3. Manfaat "New Media"
  1. Bidang Industri/Perdagangan
Dalam bidang industri penerapan New Media sudah banyak dilakukan disetiap bidang, dimana setiap bidang industri berusaha mencari keuntungan dari konsumen khususnya melalui internet, seperti publikasi melalui website resmi sebagai media interaktif massal untuk para konsumen. 

     2. Bidang Seni

Dalam bidang seni penerapan New Media dapat di kelompokkan menjadi beberapa bidang, dimana dalam setiap bidang tersebut ternyata dapat menjadi suatu objek digital yang tergabung dalam beberapa bidang, seperti perekaman/pembuatan suatu musik, membuat dan memanipulasi suatu objek dalam format 2D maupun 3D yang menjadikan kedua contoh tersebut menjadi suatu media baru yang lebih interaktif.

     3. Bidang Sosial

Dalam bidang sosial penerapan New Media sudah berkembang pesat dimana suatu media dibuat menjadi sarana untuk berinteraksi antar sesama pengguna diseluruh dunia yang terhubung oleh jaringan dengan melakukan percakapan teks, suara, dan video. Sebagai contoh sarana tersebut adalah Friendster, Facebook, Twitter, MSN, Yahoo!, Skype, Camfrog.

     4. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan penerapan New Media memberikan kemudahan bagi seluruh umat manusia untuk mengembangkan segala ilmu pengetahuan. Mulai dari berupa teks digital, video tutorial, software interaktif yang dilengkapi tampilan layaknya seorang guru yang sedang mengajar, memberikan soal-soal latihan hingga ujian yang menghasilkan sebuah nilai dari pembelajaran tersebut, dan beberapa kalangan juga membuat sekolah digital bersifat umum yang diresmikan oleh beberapa pihak dengan beberapa ketentuan yang dilampirkan oleh pihak tersebut.


4. Komponen "New Media"
Komponen "New Media" yang paling utama adalah pengguna/manusia tersebut yang berperan sebagai produsen atau komsumen suatu media dan sebagai komponen penyedia adalah jaringan internet, dan beberapa software yang digunakan sesuai kebutuhan pengguna.
Pengguna sebagai Komponen "New Media" bisa memanfaatkan satu media saja untuk berbagai hal yang berbeda seperti sosial, bisnis, belajar, dll.


5. Aplikasi "New Media"
  1. Multimedia
Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Multimedia. Multimedia dapat menyediakan suatu media yang dapat mengerjakan segala sesuatu secara berbeda-beda. sebagai contoh multimedia adalah mengabungkan suatu video dengan suatu audio atau teks digital dan buat menjadi berbagai format yang tersedia agar menghasilkan suatu media baru. salah satu software multimedia tersebut adalah Adobe After Effect, Windows Movie Maker, dll.

     2. Social Networking

Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Social Networking. Social Networking menyediakan aplikasi-aplikasi tersendiri untuk pengguna yang telah terdaftar sebagai member/user agar dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain diseluruh dunia baik itu dalam menjalin pertemanan, bisnis, organisasi, dll. penyedia Social Networking juga menyediakan sistem privasi tersendiri yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna tersebut agar aman dan nyaman, seperti user id, password, tampilan profile, dll.

     3. Smart Phone/Android

Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Smart Phone/Android. Smart Phone/Android akhir-akhir ini menjadi suatu media berkembang sangat pesat. Sebagai contoh Blackberry, iPhone, Samsung Galaxy adalah suatu produk yang mengaplikasikan New Media layaknya suatu komputer dalam genggaman. Mereka menyediakan aplikasi tersendiri yang telah dibuat dan disesuaikan dengan format yang bisa dioperasikan pada Smart Phone/Android tersebut.

6. Analisis Contoh Penggunaan Dua Aplikasi “New Media”
            Facebook
Penggunaan  Facebook
* Umum :
-  
Chat,
-  Notifikasi,
-  Games Flash,
-  Message dan Inbox,
-  Networks, Groups, dan Like Pages.

* Aplikasi :
- Events
- Marketplace
- Notes
- Places
- Platform
- Questions
- Photos
- Videos

Manfaat Facebook
·         Ajang saling ketemuan, manfaat yang paling terasa dari Facebook dalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
·         Mendapatkan teman baru.
·         Tempat jual beli.
·         Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi    seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.

Dampak dari Facebook

Dampak Negatif
Banyak sekali akun palsu yang bertujuan untuk malakukan kejahatan contohnya seperti penipuan saat berjualan dan yang lebih ramai adalah penculikan.

Dampak Positif
Mempererat silaturrahmi. Kita dapat selalu berkomunikasi dengan teman/kerabat dekat/saudara kita yang mungkin sudah sulit kita temui secara tatap muka dah rumahnya jauh dari rumah kita.

            Youtube
Fitur Social Youtube
Fitur ini memungkinkan kita menambahkan akun social media lainnya di chanel youtube kita. Google + sudah menjadi secara default connect, untuk yang lainnya kita tinggal tekang connect kemudian akan di arahkan ke APP social media tersebut.

Fitur Browse page
The YouTube Browse page adalah hompage dimana kita bisa melihat video yang paling banyak dilihat baik dari keseluruhan category mapun keseluruhan category.  Disana juga ada  Most Viewed Today di youtube

Manfaat Youtube
Manfaat dari youtube adalah segabai sarana hiburan yang berupa video.

Dampak dari Youtube

Dampak Negatif
Banyak sekali video yang mengandung SARA, PORNOGRAFI, dan PENGHINAAN.

Dampak Positif
Sebagai media untuk menuangkan seni hiburan dan sebagai sarana kampanye.

0 komentar:

Posting Komentar