1. Definisi "New Media"
New Media adalah istilah universal
pada abad ke-20 yang mana ditujukan untuk bisa mengakses suatu informasi apa
saja, kapan saja, dan dimana saja pada suatu perangkat digital.
Karakteristik dari New Media sendiri
adalah termanipulasi, interaktif, terdistribusi melalui jaringan, terkoordinasi.
sebagai contoh internet, komputer multimedia, video game, dan website. New
Media tidak termaksud program TV, film, majalah, dan buku.
Menurut Neuman, "Kami
menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan
komunikasi teks elektronik yang akan menghamburkan perbedaan antara komunikasi
interpersonal, massal dan antara komunikasi publik dan pribadi" (Neuman
dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New
Media akan:
- Mengubah arti jarak geografis.
- Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi .
- Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
- Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
- Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah agar bisa di gunakan bersamaan dan interkoneksi.
New Media sebagai Data Digital yang
di kendalikan oleh Software
Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua objek yang mengandalkan representasi digital dan pengiriman berbasis komputer untuk melakukan penyebaran dengan kualitas umum. New Media menjadi suatu data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Operasi media sekarang dapat membuat menjadi beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-scaling, mempertajam, rasterizing, dll
Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua objek yang mengandalkan representasi digital dan pengiriman berbasis komputer untuk melakukan penyebaran dengan kualitas umum. New Media menjadi suatu data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Operasi media sekarang dapat membuat menjadi beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-scaling, mempertajam, rasterizing, dll
2. Pandangan mengenai "New Media"
Munculnya New Media telah
meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Ini
telah memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website,
gambar, dan lainnya user-generated media.
Saat ini New Media dipandang sebagai
dunia baru yang di fasilitasi oleh media-media lengkap dan tak terbatas yang
dibutuhkan sesuai permintaan pengguna atau secara umum disebut sebagai Dunia
Maya. Pandangan tersebut akan merubah paradigma suatu individu maupun kelompok
terhadap interaksi sosial, pendidikan, pola pikir, dll.
3. Manfaat
"New Media"
- Bidang Industri/Perdagangan
Dalam bidang industri penerapan New
Media sudah banyak dilakukan disetiap bidang, dimana setiap bidang industri
berusaha mencari keuntungan dari konsumen khususnya melalui internet, seperti
publikasi melalui website resmi sebagai media interaktif massal untuk para
konsumen.
2. Bidang Seni
Dalam bidang seni penerapan New
Media dapat di kelompokkan menjadi beberapa bidang, dimana dalam setiap bidang
tersebut ternyata dapat menjadi suatu objek digital yang tergabung dalam
beberapa bidang, seperti perekaman/pembuatan suatu musik, membuat dan
memanipulasi suatu objek dalam format 2D maupun 3D yang menjadikan kedua contoh
tersebut menjadi suatu media baru yang lebih interaktif.
3. Bidang Sosial
Dalam bidang sosial penerapan New
Media sudah berkembang pesat dimana suatu media dibuat menjadi sarana untuk
berinteraksi antar sesama pengguna diseluruh dunia yang terhubung oleh jaringan
dengan melakukan percakapan teks, suara, dan video. Sebagai contoh sarana
tersebut adalah Friendster, Facebook, Twitter, MSN, Yahoo!, Skype, Camfrog.
4. Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan penerapan
New Media memberikan kemudahan bagi seluruh umat manusia untuk mengembangkan
segala ilmu pengetahuan. Mulai dari berupa teks digital, video tutorial,
software interaktif yang dilengkapi tampilan layaknya seorang guru yang sedang
mengajar, memberikan soal-soal latihan hingga ujian yang menghasilkan sebuah
nilai dari pembelajaran tersebut, dan beberapa kalangan juga membuat sekolah
digital bersifat umum yang diresmikan oleh beberapa pihak dengan beberapa
ketentuan yang dilampirkan oleh pihak tersebut.
4. Komponen "New Media"
Komponen "New Media" yang
paling utama adalah pengguna/manusia tersebut yang berperan sebagai produsen
atau komsumen suatu media dan sebagai komponen penyedia adalah jaringan
internet, dan beberapa software yang digunakan sesuai kebutuhan pengguna.
Pengguna sebagai Komponen "New Media" bisa
memanfaatkan satu media saja untuk berbagai hal yang berbeda seperti sosial,
bisnis, belajar, dll.
5. Aplikasi "New Media"
- Multimedia
Salah satu pengaplikasian New Media
adalah dengan Multimedia. Multimedia dapat menyediakan suatu media yang dapat
mengerjakan segala sesuatu secara berbeda-beda. sebagai contoh multimedia
adalah mengabungkan suatu video dengan suatu audio atau teks digital dan buat
menjadi berbagai format yang tersedia agar menghasilkan suatu media baru. salah
satu software multimedia tersebut adalah Adobe After Effect, Windows Movie
Maker, dll.
2. Social Networking
Salah satu pengaplikasian New Media
adalah dengan Social Networking. Social Networking menyediakan
aplikasi-aplikasi tersendiri untuk pengguna yang telah terdaftar sebagai
member/user agar dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna
lain diseluruh dunia baik itu dalam menjalin pertemanan, bisnis, organisasi,
dll. penyedia Social Networking juga menyediakan sistem privasi tersendiri yang
dapat diatur sesuai keinginan pengguna tersebut agar aman dan nyaman, seperti
user id, password, tampilan profile, dll.
3. Smart Phone/Android
Salah satu pengaplikasian New Media
adalah dengan Smart Phone/Android. Smart Phone/Android akhir-akhir ini menjadi
suatu media berkembang sangat pesat. Sebagai contoh Blackberry, iPhone, Samsung
Galaxy adalah suatu produk yang mengaplikasikan New Media layaknya suatu
komputer dalam genggaman. Mereka menyediakan aplikasi tersendiri yang telah
dibuat dan disesuaikan dengan format yang bisa dioperasikan pada Smart
Phone/Android tersebut.
6.
Analisis Contoh Penggunaan Dua Aplikasi “New Media”
Facebook
Penggunaan Facebook
* Umum :
- Chat,
- Notifikasi,
- Games Flash,
- Message dan Inbox,
* Umum :
- Chat,
- Notifikasi,
- Games Flash,
- Message dan Inbox,
- Networks, Groups, dan Like Pages.
* Aplikasi :
- Events
- Marketplace
- Notes
- Places
- Platform
- Questions
- Photos
- Videos
Manfaat Facebook
·
Ajang saling ketemuan, manfaat yang paling terasa dari
Facebook dalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
·
Mendapatkan teman baru.
·
Tempat jual beli.
·
Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring
sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda
bisa berdiskusi tentang apapun.
Dampak dari Facebook
Dampak Negatif
Banyak sekali akun palsu yang
bertujuan untuk malakukan kejahatan contohnya seperti penipuan saat berjualan
dan yang lebih ramai adalah penculikan.
Dampak Positif
Mempererat silaturrahmi. Kita dapat
selalu berkomunikasi dengan teman/kerabat dekat/saudara kita yang mungkin sudah
sulit kita temui secara tatap muka dah rumahnya jauh dari rumah kita.
Youtube
Fitur Social Youtube
Fitur ini
memungkinkan kita menambahkan akun social media lainnya di chanel youtube kita.
Google + sudah menjadi secara default connect, untuk yang lainnya kita tinggal
tekang connect kemudian akan di arahkan ke APP social media tersebut.
Fitur Browse page
The YouTube
Browse page adalah hompage dimana kita bisa melihat video yang paling banyak
dilihat baik dari keseluruhan category mapun keseluruhan category. Disana
juga ada Most Viewed Today di
youtube
Manfaat Youtube
Manfaat dari youtube adalah segabai sarana hiburan
yang berupa video.
Dampak dari Youtube
Dampak Negatif
Banyak sekali video yang mengandung SARA, PORNOGRAFI,
dan PENGHINAAN.
Dampak Positif
Sebagai
media untuk menuangkan seni hiburan dan sebagai sarana kampanye.
0 komentar:
Posting Komentar