Rabu, 09 Oktober 2013

Analisis Masalah Sosial Individu dan Keluarga

INDIVIDU

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Individu berasal dari kata Yunani yang berarti satuan terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Individu mengalami perkembangan secara bertahap mulai dari bayi hingga menjadi seorang yang dewasa. Setiap transisi atau perubahan individu menuju ke tingkatan yang lebih tinggi harus dicapai oleh individu tersebut. diantara perubahan tersebut adalah kematangan, emosi, kognitif, spiritual, moralitas, dan sebagainya untuk syarat pemenuh kebahagiaan hidupnya.
Perkembangan individu merupakan suatu proses transisi atau perubahan diri individu tersebut yang dipengaruhi berbagai macam hal baik dari faktor internal atau faktor eksternal. Begitu banyak hal yang terjadi selama masa perkembangan, merupakan suatu dinamika yang pastinya ditentukan oleh berbagai faktor. Keberhasilan seseorang dalam melewati perkembangan individu dipengaruhi juga dari faktor internal dan eksternal tersebut.

MASALAH

Adapun masalah dalam perkembangan individu adalah sebagai berikut :

  1. Apakah yang dimaksud dengan perkembangan individu?
  2. Apakah ciri-ciri perkembangan individu?
  3. Apa prinsip-prinsip perkembangan individu?
  4. Apakah tahapan-tahapan perkembangan individu?
  5. Apakah tugas-tugas perkembangan individu?

SOLUSI

Dalam perkembangan individu memiliki kata kunci bahasan utama yaitu perubahan. perubahan yang terjadi baik secara kualitatif akibat dari perubahan psikis, dan perubahan kuantitatif akibat dari perubahan fisik. Dalam kasus ini penting sekali untuk kita bisa mengetahui faktor-faktor perubahan tersebut.

KELUARGA

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Keluarga adalah kumpulan dari dua individu laki-laki dan perempuan yang kemudian menjalin suatu perkawinan atau pernikahan. Keluarga terdiri Ayah, Ibu, Anak yang biasa kita sebut dengan keluarga inti (nuclear family)

MASALAH

Masalah sosial dalam suatu keluarga dapat diklasifikasikan atas dasar faktor ekonomi, biologis, dan psikologis.

SOLUSI

Faktor ekonomi merupakan masalah utama dalam suatu keluarga. Misalnya kemiskinan, yang masih merupakan masalah utama di negara ini. Dalam masalah ini setiap orang harus berpikir positif dan meningkatkan keahliannya dalam pekerjaan agar kebutuhan keluarga bisa dapat terpenuhi.
Faktor biologis adalah masalah perceraian. Banyak dampak negatif dari suatu perceraian yang terjadi pada suatu keluarga. Contohnya anak, ketika pada masanya anak membutuhkan suatu perhatian dari orang tua namun keadaan keluarga yang tidak lagi kokoh malah menjadi penghambat dalam hal ini. Untuk itu, masalah seperti ini perlu diperhatikan lagi oleh orang tua agar tidak memberikan dampak negatif terhadap anak.
Faktor psikologis sangat erat kaitanya dengan anak. Peranan orang tua sangat penting dalam mendidik anak agar menjadi pribadi yang mandiri dan sukses dimasa depan. Namun terkadang masih banyak orang tua yang memberikan tekanan terhadap anak dan ketakutan pada suatu hal yang semestinya tidak untuk ditakuti. Hal ini bisa menyebabkan keterbelakangan mental pada anak. Oleh karena itu, perlu orang tua tau bagaimana mendidik anak agar bisa menjadi pribadi yang baik.


0 komentar:

Posting Komentar